BIRO PELAYANAN KESEJATERAAN ANAK

Biro PKA didirikan oleh Mgr. Leo Soekoto SJ Uskup Agung Jakarta pada tanggal 1 Mei 1971 untuk membantu anak-anak keluarga miskin. Pelayanan kini difokuskan pada anak-anak di perkampungan nelayan Jakarta Utara. Di sini banyak anak kurang gizi, sering sakit dan tidak dapat sekolah dengan lancar. Lingkungannya rawan banjir, kebakaran, penggusuran, dan kurang peduli akan persoalan anak. Banyak anak yang diperlakukan secara diskriminatif oleh lingkungannya. Karena masalah anak sangat terkait dengan keluarga dan masalah keluarga terkait dengan lingkungannya, pelayanan diarahkan pada anak, keluarga dan lingkunganyna.

Kepada anak-anak BPKA membantu peningkatan gizi, pengobatan, pendidikan anak usia dini melalui rumah sekolah dan bantuan beasiswa bagi anak usia sekolah. Pada keluarga dan lingkungan, BPKA memberi penyuluhan tentang anak, bantuan modal dan pendampingan usaha bersama dalam rangka memandirikan mereka.

Jadi Fokus BPKA meliputi:

  1. Program Gizi dan Kesehatan anak agar terpenuhi kebutuhan gizi dan kesehatan balita.
  2. Program pendidikan Anak Usia Dini untuk Meningkatkan tumbuh kembang anak usia pra sekolah dan membantu kelancaran pendidikan anak SD sampai SMP
  3. Program Bantuan Darurat jika terkena musibah
  4. Program pemberdayaan ekonomi keluarga melalui system  koperasi yang sesuai kondisi
  5. Program peningkatan kapasitas peran lingkungan dalam upaya pengembangan anak dan pemberdayaan ekonomi keluarga.

 

 

FT MEI 1

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *