Skip to content

LDC dalam “Memang Mengapa Bila Aku Perempuan?”

Laetitia Disability Choir  (LDC) adalah kelompok disabilitas  bernyanyi dampingan lembaga Daya Dharma – Keuskupan Agung Jakarta (LDD-KAJ). LDC Juga berperan sebagai kelompok kampanye yang akan menyuarakan keprihatinan-keprihatianan kemanusiaan kaum disabilitas dan keprihatinan kemanusiaan kaum rentan pada umumnya.   

LDC berjuang mengaransemen lagu yang dipilih sesuai dengan tema  dalam format empat suara.   Melakukan latihan  mandiri di rumah masing-masing kemudian  merekam audio & video dengan ponselnya, Tim LDC juga menyunting audio paduan suaranya sebelum akhirnya dipadukan dengan vedio dan materinya lainnya oleh tim di divisi advokasi dan Litbang LDD KAJ.   https://youtu.be/cjWbrAgiW_

Hadir pada program AJAKIN edisi April 2021, LDC turut menyuarakan promosi kesetaraan gender dengan menyanyikan  lagu ‘Memang Kenapa Bila Aku Perempuan’ karya Melly Goeslaw dan Gita Gutawa. LDC  mengajak semua pihak untuk menghargai nilai kesetaraan antara perempuan & laki-laki. Emansipasi RA Kartini di zaman ultra-modern ini, seharusnya membuat perempuan leluasa berpartisipasi di ruang publik, Menciptakan keseimbangan tanggung jawab:tanggung jawab tugas-tugas domestiknya & tanggung jawab di ruang publik. 

Aksara yang menari diatas awan
Cukup jelas menuliskan harapan
Memang kenapa bila aku perempuan
Aku tak mau jadi budak kebodohan

Di masa pandemi Covid-19 ini  terjadi banyak pemutusan hubungan kerja (PHK). Suami yang tidak lagi bekerja, mendorong istri turut mencari mencari tambahan uang. Peran ganda perempuan tercipta, karena suami tetap mengharuskan istri tidak meninggalkan tugas-tugas utama di rumah.  Semoga peran ganda ini tidak menjadi beban ganda yang pada akhirnya menimbulkan ketidakadilan berbasis gender  bagi perempuan dalam rumah tangga. 

Cinta bicara halusnya perasaan
Hadir tanpa di undang dan dipaksakan
Memang kenapa bila aku perempuan
Aku tak mau jadi budak kebodohan

Hidup ilalangpun berlagu
Memberi restu pada harapanmu
Pandanganmu jauh lurus membentang
Meyakini habis gelap pasti…

Ditulis oleh: Ferry Jansen Situngkir

Diedit oleh: Divisi Litbang 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *