Divisi Pemberdayaan

Adalah salah satu  bagian dari organisasi LDD-KAJ yang bertugas untuk melayani warga miskin kota, buruh dan disabilitas untuk menumbuhkan kesadaran dan kemampuan dalam mengenali, memelihara, dan melindungi diri. Ini semua dilakukan agar mereka dapat menjadi pribadi yang terampil, mandiri, berkarakter, berdaya guna dan sejahtera.

Mengenal Divisi Pemberdayaan

Program-program dari Divisi Pemberdayaan dirancang untuk dapat dijalankan secara berkesinambungan, sekalipun pada awalnya peran pendamping lebih dominan dibanding masyarakat sendiri. Tapi secara perlahan dan pasti, peran pendamping akan makin berkurang, bahkan akhirnya hilang, karena masyarakat sudah mampu mengelola kegiatannya sendiri.

Divisi Pemberdayaan bergerak membantu kelompok kecil, lemah, miskin, tersingkir dan menderita disabilitas (KLMTD) agar mendapatkan daya, kekuatan, dan kemampuan untuk mengambil keputusan. Orang-orang yang telah mencapai kemandirian harus diberdayakan secara lebih melalui usaha pribadi maupun kelompok. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan wawasan agar dapat mengurangi ketergantungan dari pihak lain.

7 Tahap Program Kegiatan dalam Divisi Pemberdayaan

  1. Tahap Persiapan;
  2. Tahap Pengkajian/Assessment;
  3. Tahap Perencanaan;
  4. Tahap Rencana Aksi;
  5. Tahap Pelaksanaan Program Kegiatan;
  6. Tahap Evaluasi; dan
  7. Tahap Terminasi.

Program dan Kegiatan

Untuk mendukungĀ  tujuan di atas, Divisi Pemberdayaan memiliki program kegiatan sebagai berikut:

  1. Pendidikan berupa bantuan pendidikan bagi anak yang orang tuanya tidak mampu, pendampingan belajar melalui kelompok belajar.
  2. Latihan keterampilan hidup dasar bagi disabilitas seperti huruh braille, bahasa isyarat, talkback HP, dan juga latihan Bahasa Inggris.
  3. Latiahan usaha kelompok maupun pribadi seperti memasak aneka kue, membuat kerajinan tangan, dan pembentukan kelompok usaha.

Berita dan Kegiatan Terkini Divisi Pemberdayaan